Berita

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Tahun 2022

SKM PKB Tahun 2022

Salah satu upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS), perlu disusun Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan dan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menegaskan bahwa penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala. Selain itu, data SKM akan dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Maksud dari survei kepuasan masyarakat adalah untuk memberikan masukan sebagai upaya peningkatan layanan Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung dalam hal pelayanan publik berdasarkan hasil survei indeks kepuasan masyarakat.

Pada Tahun 2022 dari hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dengan penyebaran kuesioner dengan responden (pengguna layanan pengujian kendaraan bermotor) berjumlah 150 orang dengan nilai 83,92 yang berarti Layanan Pengujian Kendaraan Bermotor berada pada mutu pelayanan kategori B dengan kinerja unit pelayanan BAIK.

Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung

Dinas Perhubungan adalah sebuah instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sektor transportasi dan komunikasi di Kabupaten Tulungagung. Tugas utama Dinas Perhubungan meliputi perencanaan, pengembangan infrastruktur transportasi, pengaturan lalu lintas, pengawasan keselamatan, perizinan, serta pengelolaan transportasi publik. Dinas Perhubungan berperan dalam menjaga kelancaran mobilitas masyarakat dan barang, serta mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengaturan dan pengelolaan sektor transportasi. Dinas Perhubungan juga bisa terlibat dalam penerapan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam transportasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *